fb-ads-vs-ig-ads

fb-ads-vs-ig-ads

Di era digital seperti sekarang, persaingan bisnis justru semakin tajam. Setiap hari ada banyak startup baru yang berdiri. Tetapi tidak sedikit pula yang tutup. Salah satu hal yang mempengaruhi bangkit dan bangkrutnya start-up tentu saja digital marketingnya.

Salah satu cara pemasaran digital yang populer dan tepat sasaran adalah dengan pemanfaatan sosial media. Seperti misalnya Facebook Ads dan Instagram Ads. Tetapi, di antara kedua jasa iklan di sosial media tersebut, mana yang lebih baik?

Yuk, cari tahu dengan beberapa list perbandingan kedua platform di bawah ini!

Statistik Instagram VS Statistik Facebook

Instagram sendiri memiliki pengguna aktif mencapai 1 milyar orang. Statistik ini dihitung per bulan Juni 2018. Dari jumlah di atas, sekitar 71% adalah pengguna akun bisnis dan lebih dari 80% pengguna mengikuti 1 brand bisnis. Secara engagement, Instagram memiliki 80% pembelian. Lebih banyak 4 kali lipat dibandingkan Facebook.

Facebook sendiri memiliki jumlah pengguna hampir 2,5 miliar pengguna aktif per juni 2018. Nilai tambah dari Facebook adalah sosmed ini memiliki 30% ROI. Jumlah ini jelas lebih tinggi dari Instagram. Pertumbuhan halaman bisnis di Facebook sendiri mencapai 23% per tahun, dengan perkiraan 8 juta halaman bisnis. ROI ini bisa mempengaruhi konversi pembelian di dalam iklan.

Demografi Instagram VS Demografi Facebook

Pengguna aktif Instagram didominasi oleh perempuan dengan 24% dari total penggunanya adalah lelaki. Pengguna sosmed ini juga didominasi orang dewasa dengan kisaran usia 18 sampai 29 tahun. Jika target market bisnis yang dijalankan adalah wanita dewasa muda, maka Instagram Ads adalah jalan keluar terbaik.

Facebook sendiri memiliki perbandingan pengguna perempuan dan laki-laki sekitar 77%:66%. Kisaran umur pengguna Facebook juga cukup beragam, dari mulai anak-anak sampai orang tua sekalipun memiliki akun Facebook. Jadi, jika target market dari barang yang dijual untuk seluruh kalangan, maka Facebook Ads adalah jalan keluar terbaik.

Sebenarnya, apapun media iklan yang dipilih itu bukan masalah. Selama penetapan sasaran dan demografinya tepat, maka tingkat engagement dan konversinya bisa tinggi. Selain itu, penulis konten berkualitas juga memegang peran penting dalam penggunaan iklan sosial media.

Itulah beberapa perbandingan mengenai Facebook Ads dan Instagram Ads. Jadi, mana yang platform yang lebih baik?

 

Sumber :