Ekosistem-Pengertian-Komponen-Jenis-Jenis-dan-Contoh

Ekosistem: Pengertian, Komponen, Jenis, Jenis dan Contoh

Pahami ekosistem

Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang dibentuk oleh hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Ekosistem-Pengertian-Komponen-Jenis-Jenis-dan-Contoh

Pengertian ekosistem ini didasarkan pada Hipotesis Gaia, yang menyatakan bahwa “setiap organisme, terutama mikroorganisme, berbagi dengan lingkungan fisik untuk menciptakan suatu sistem kendali atau sistem yang dapat menjaga kelangsungan bumi”.

Ekosistem adalah susunan dari setiap elemen suatu biosistem yang di dalamnya terdapat hubungan yang saling bergantung antara organisme dan lingkungan fisik yang mengkonsumsi energi untuk suatu struktur biotik tertentu. Dalam suatu ekosistem, makhluk hidup dalam masyarakat berkembang seiring dengan lingkungan tempat mereka hidup, kemudian membentuk suatu sistem kehidupan.

Makhluk hidup memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Selain itu, keberadaan makhluk hidup pada suatu lingkungan juga mempengaruhi lingkungan tempat mereka berada.

Hubungan tersebut akan menghasilkan organisme yang bekerja dengan lingkungan untuk menciptakan sistem yang menjaga alam dan bumi tetap hidup.

Ekosistem terdiri dari banyak elemen dan banyak spesies. Sebaran spesies dalam suatu ekosistem dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: B. ketersediaan sumber daya serta faktor fisik dan kimia.

Pahami ekosistem menurut para ahli

Menurut A.G. Tansley (1935)

Ia mengatakan ekosistem adalah satu kesatuan ekologi (ecological unit) yang didalamnya terdapat pula struktur dan fungsi. Struktur dalam ekosistem ini berkaitan dengan keanekaragaman hayati atau dalam bahasa Inggris dengan keanekaragaman hayati.

Dalam suatu ekosistem dengan struktur yang kompleks, akan terdapat jumlah spesies yang cukup banyak. Sedangkan karakteristik yang diberikan oleh A. G. Tansley dalam ekosistem berkaitan dengan siklus material dan aliran energi dengan komponen-komponen komponen ekosistem tersebut.

Setelah Woodbury (1954)

Menurut Woodbury, gagasan tentang ekosistem adalah pengaturan habitat, tumbuhan, dan hewan yang kompleks dan seragam. Keadaan ini dipandang sebagai satu kesatuan, sehingga masing-masing dapat menjadi bagian dari rantai siklus material dan aliran energi.

Menurut Odum (1993)

Pengertian ekosistem menurut Odum (1993) adalah sekumpulan unit fungsional dasar dalam lingkungan ekologi yang tertutup organisme dan lingkungan. Lingkungan dalam hal ini adalah lingkungan biotik dan abiotik antara keduanya yang saling mempengaruhi.

Selain itu, terdapat komponen yang lengkap dalam suatu ekosistem yang memiliki relung ekologis yang lengkap dan proses ekologis yang lengkap, sehingga kesatuan siklus material dan aliran energi didasarkan pada keadaan ekosistem tersebut.

Menurut undang-undang lingkungan tahun 1997

Pentingnya ekosistem adalah kemungkinan yang seragam dan komprehensif bagi semua lingkungan untuk saling mempengaruhi. Unsur lingkungan ini dapat digambarkan sebagai unsur biotik dan abiotik, baik makhluk hidup maupun tak hidup.
Lihat juga: √Javelin Throw Is

Mereka tersusun dalam satu kesatuan dalam suatu ekosistem yang tidak dapat berdiri sendiri atau hidup sendiri, tetapi saling berinteraksi, saling mempengaruhi dan karenanya tidak dapat dipisahkan.

Menurut Soemarwoto

Soemarwoto menjelaskan bahwa konsep ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk dari hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan tempat tinggalnya.

Lapisan organisasi dalam suatu ekosistem disebut sistem karena memiliki komponen dan fungsi yang berbeda tetapi terkoordinasi dengan baik sehingga setiap komponen dalam ekosistem dapat memiliki hubungan timbal balik.

 

 

 

Baca Juga :

https://adiwahyuromadhani.blog.uns.ac.id/alight-motion-pro/
https://adiwahyuromadhani.blog.uns.ac.id/video-bokeh-museum/
http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/distribusi-frekuensi/
http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/alight-motion-pro/
http://pgpaud.fip.unp.ac.id/alight-motion-pro/
http://pgpaud.fip.unp.ac.id/reboisasi/
http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/pengertian-pers/
http://blog.upnyk.ac.id/ellen-blog/425/artikel-review-alight-motion-pro
http://10109113.blog.unikom.ac.id/review-alight.87b