Bandwidth-adalah-definisi-jenis-fungsi-cara-kerjanya

Bandwidth adalah: definisi, jenis, fungsi, cara kerjanya

Pahami bandwidth

Bandwidth adalah angka konsumsi transfer data yang dihitung dalam bit atau detik, biasanya disebut sebagai bit per detik (bps) antara server dan klien dalam jumlah waktu tertentu. Pengertian bandwidth adalah luas atau lebarnya cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal pada media transmisi. Dari sini dapat disimpulkan bahwa bandwidth adalah kapasitas maksimum jalur komunikasi yang digunakan untuk mentransfer data dalam hitungan detik. Bandwidth berfungsi untuk menghitung transaksi data.

Bandwidth-adalah-definisi-jenis-fungsi-cara-kerjanya

Bandwidth sering disamakan dengan lebar jalan raya. Sementara data yang melintasi bandwidth seperti kendaraan yang menyeberang jalan, semakin sedikit kendaraan yang lewat, semakin lancar lalu lintasnya. Di sisi lain, saat banyak kendaraan melintas, lalu lintas di jalan raya menjadi padat, sehingga aktivitas kendaraan lain terganggu.

Semakin besar jalan (bandwidth), semakin banyak kendaraan yang bisa melewatinya. Jadi tidak ada salahnya bandwidth menjadi masalah bagi pengguna jaringan internet. Karena semakin besar bandwidth, semakin cepat pertukaran data dan semakin banyak data yang dapat dikirim pada waktu yang bersamaan.

Jenis bandwidth

Yang Perlu Anda Ketahui, bandwidth dibagi menjadi dua jenis, bandwidth analog dan digital. Kedua jenis bandwidth tersebut memiliki definisi yang berbeda. Di bawah ini adalah penjelasan dari kedua bandwidth tersebut.

1. Bandwidth analog

Bandwidth analog menunjukkan perbedaan antara frekuensi rendah dan frekuensi tinggi dalam satuan rentang frekuensi, diukur dalam Hertz (Hz), yang memastikan jumlah informasi yang dikirimkan dalam waktu tertentu. Terkadang bandwidth analog ini jarang digunakan di dunia jaringan.
2. Bandwidth digital

Bandwidth digital adalah kapasitas, yang menentukan jumlah data digital yang dapat dikirim melalui kabel atau saluran nirkabel dalam jumlah waktu tertentu dan dihitung dalam bit. Bandwidth jenis ini sangat banyak digunakan oleh Penyedia Jasa Internet atau ISP di Indonesia.

Fungsi bandwidth

Setelah mengikuti definisi bandwidth di atas, Anda sudah dapat memahami fungsi dasar bandwidth, yaitu menghitung kemampuan pengguna dalam mengirimkan data. Namun, selain fungsi utama, ada juga fungsi bandwidth yang belum Anda kenal. Ikuti penjelasannya di bawah ini.
Lihat juga: √Teater Is
1. Media transmisi data

Fungsi bandwidth ini berfungsi sebagai media transmisi data yang merupakan fungsi utama dan berlaku untuk hampir semua jaringan komputer. Misalnya, menyiapkan jaringan LAN memerlukan kabel LAN fisik yang menghubungkan sambungan LAN ke perangkat komputasi yang akan digunakan. Terdapat jalur dalam kabel LAN sehingga data dapat dikirim (ditransmisikan) dari satu komputer ke komputer lainnya.
2. Pembatas kecepatan untuk transmisi data

Fungsi bandwidth selanjutnya adalah membatasi kecepatan transfer data. Terkadang fitur ini digunakan oleh administrator untuk mengelola jaringan ketika pengguna mengakses data tertentu yang membutuhkan banyak bandwidth. Ini sangat penting untuk menghindari penipuan pengguna. Misalnya, Anda melakukan streaming video dengan resolusi HD (tampilan tinggi).
3. Pembatas volume data

Fitur ini adalah fitur yang paling umum digunakan di mana bandwidth dapat membatasi jumlah data yang dapat dikirim dalam waktu tertentu. Misalnya 2 GB per bulan. Dengan ukuran 2 GB, hal ini tidak mempengaruhi jumlah perangkat atau kecepatan akses, melainkan jumlah maksimum data yang dapat diakses dan tidak boleh melebihi 2 GB.

BACA JUGA :