Aurora-Adalah-definisi-tipe-penyebab-proses

Aurora Adalah: definisi, tipe, penyebab, proses

Pahami aurora

Aurora adalah fenomena alam yang, karena interaksi antara medan magnet dan planet dan partikel yang dipancarkan matahari (matahari), sesuai dengan cahaya yang dipancarkan di lapisan ionosfer planet.

Aurora-Adalah-definisi-tipe-penyebab-proses

Jenis Aurora

Aurora yang hanya kita ketahui terdiri dari dua jenis, yaitu aurora yang terjadi di Kutub Utara dan Kutub Selatan.
Berikut penjelasannya dibawah ini:
1. Aurora Borealis

Aurora Borealis adalah salah satu jenis aurora yang ditemukan di belahan bumi utara. Aurora ini dinamai dewi fajar Romawi Aurora dan nama Yunani untuk angin utara Boreas. Ini karena di Eropa aurora sering terlihat kemerahan di ufuk utara, seolah-olah matahari sedang terbit dari arah itu.
aurora borealis selalu terjadi pada bulan September, Oktober dan Maret dan April. Aurora Berealis dapat dilihat di Antartika yaitu Kanada, Alaska, Rusia, dan Skandinavia.
2. Aurora Australis

Aurora Australis merupakan salah satu jenis fenomena aurora yang terdapat di belahan bumi selatan yang memiliki karakteristik yang hampir sama dengan aurora borealis. Seperti julukannya, aurora ini sering muncul di belahan bumi selatan. Makanya namanya hampir mirip dengan nama negara yang ada disana yaitu Australia.
Lihat juga: √Supervisi Is

Penyebab aurora

Sekarang setelah kita mengetahui jenis-jenis aurora, mari kita bahas lebih lanjut apa saja penyebab aurora. Berikut penjelasannya dibawah ini:
1. Bintik matahari (bintik matahari)

Apa itu bintik matahari? Bintik matahari adalah daerah gelap atau hitam dan daerah dingin di permukaan matahari disebut fotosfer, yang merupakan salah satu fenomena unik matahari. Fotosfer itu sendiri terdiri dari beberapa bagian matahari. Bintik matahari ini bisa sangat besar, sekitar 50.000 kilometer. dan bintik matahari terjadi karena interaksi medan magnet matahari yang tidak sempurna.
2. Kutub medan magnet

Wilayah kutub merupakan pusat medan magnet bumi. Saat partikel masuk dan terperangkap di Van Allen Belt, partikel tersebut terbawa angin ke kutub medan magnet bumi (ini karena fenomena aurora hanya terjadi di kutub).
3. Proton dan partikel elektron

Proton dan elektron adalah unsur penyusun atom. Proton berada di dalam inti atom, sedangkan elektron berada di luar lapisan atom. Proton dan pemilih terbawa angin matahari. Di lapisan inilah posisi cahaya aurora terjadi. Itulah sebabnya aurora terjadi di ketinggian yang demikian.
Terjadinya proses aurora

Aurora adalah efek cahaya dibandingkan dengan menari melintasi langit dalam warna berbeda. Aurora terjadi di lapisan ionosfer. Dimana cahaya yang dihasilkan merupakan hasil interaksi antara medan magnet suatu planet dengan partikel yang dipancarkan matahari (angin matahari).

Auror ada karena milyaran partikel energi, yang terdiri dari proton dan elektron, yang dilemparkan matahari ke dalam sinar matahari dengan kecepatan tinggi hingga 500 mil per detik. Radiasi ini disebut angin matahari.
Lihat juga: Teks penjelasan adalah
Akibat munculnya Aurora
1. Plasma panas

Sebuah studi yang dilakukan Dr. Robert dari University of Southampton setelah melakukan observasi detail terhadap 2 partikel lobus di magnetosfer bumi yang selalu dingin. Ketika proses aurora yang disebut aurora theta terjadi, plasma lobus ditemukan menjadi panas.
2. Merusak satelit

Lapisan elektron yang terbawa angin matahari juga dapat menghantam magnetosfer dan benda lain di bumi, salah satunya adalah satelit. Menurut catatan sejarah, dua satelit komunikasi mengalami gangguan dan bahkan rusak pada Januari 1994 ketika dihantam partikel elektron dari angin matahari. Satelit tersebut adalah satelit negara bagian Kanada. Satelit antara dua satelit hanya dapat pulih setelah perbaikan sekitar 6 bulan.
3. Dapat mengganggu GPS

Selain mengganggu frekuensi, fenomena aurora juga mengganggu sistem GPS. Tabrakan elektron yang terjadi dapat mengakibatkan kegagalan fungsi pada sistem GPS. Salah satunya adalah sistem GPS dari WAAS, sebuah perusahaan di Amerika Serikat.

 

 

LIHAT JUGA :

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/bokeh/

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/bokeh/

https://www.sudoway.id/bokeh/

http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/2021/03/01/alight-motion-pro/

http://serisekarsari.bm.uma.ac.id/2021/03/01/aplikasi-efek-bokeh/

http://41914110003.blog.mercubuana.ac.id/alight-motion-pro-apk/

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/alight-motion-pro/

http://rosdiana.stkipdamsel.ac.id/bokeh/

http://ayurf.blog.unjaniyogya.ac.id/bokeh/

http://pgpaud.fip.unp.ac.id/10-aplikasi-video-bokeh-android/