Apa-perbedaan-antara-analis-data-dan-ilmuwan-data

Evolusi dunia teknologi internet telah melahirkan profesi baru termasuk analis data dan ilmuwan data. Profesi yang relatif baru ini sekarang sedang naik daun lho. Bagi Anda yang tertarik menjadi seorang analis data atau ilmuwan data harus mengetahui perbedaannya. Ternyata meski memiliki nama yang mirip, kedua profesi ini berbeda.
Ilmuwan data

Apa-perbedaan-antara-analis-data-dan-ilmuwan-data

Data scientist, dikutip dari ekrut.com, adalah seseorang yang mengolah data menggunakan berbagai metode

dan algoritma untuk menemukan solusi dari masalah yang kompleks. Data yang dikumpulkan dan dianalisis terdiri dari sejumlah besar data yang membutuhkan keterampilan khusus.

Untuk mengilustrasikannya, mari kita ambil contoh raksasa e-commerce kelas dunia Amazon, yang mengumpulkan dan memproses data pengguna untuk mengetahui produk dan layanan mana yang cocok untuk ditawarkan kepada masyarakat luas. Untuk itu kita membutuhkan seorang data scientist.

Untuk dapat memproses data dalam jumlah besar

, seorang ilmuwan data membutuhkan keahlian dalam statistik, pemrograman, dan pengetahuan manajemen bisnis. Seseorang yang mempelajari statistika di bangku kuliah dapat menjadi seorang data scientist ketika memasuki dunia kerja, karena inti dari seorang data scientist adalah statistik.

Mengapa coding diperlukan untuk menjadi ilmuwan data?

Kemampuan pemrograman seorang data scientist tidak serta merta digunakan untuk coding, tetapi seorang data scientist harus mampu mengubah kumpulan data berupa bahasa pemrograman menjadi sesuatu yang lebih mudah dipahami oleh orang awam.

Kemudian seorang data scientist juga harus memahami bisnis

, karena perusahaan membutuhkan jasanya untuk membuat rekomendasi produk dan menawarkannya kepada pengguna.

Profesi data scientist saat ini banyak diminati di dunia IT karena mampu mengungkap tren dari data yang bisa melebihi sejuta baris. Jika Anda ingin menjadi ilmuwan data, Anda tidak hanya harus menjadi ahli statistik atau ilmuwan komputer. Namun, profesi ini dapat dipelajari selama seseorang bekerja keras dan berusaha.
Analis data

Menurut ekrut.com, seorang analis data adalah seseorang yang tugasnya menerjemahkan angka menjadi laporan yang mudah dipahami manajemen. Seorang analis data tidak diharuskan untuk memahami dunia pemrograman, tetapi jika Anda memiliki pemahaman dasar tentang pemrograman, itu bermanfaat.

Analis data harus terbiasa dengan statistik dan ekonomi karena mereka diminta untuk menghasilkan laporan yang mendefinisikan esensi bisnis. Ini mirip dengan seorang ilmuwan data dalam hal keterampilan dasar yang dibutuhkan, bukan?

Faktanya, data analyst dan data scientist kurang lebih sama, perbedaannya terletak pada lingkup pekerjaan mereka. Peran seorang analis data lebih kecil dari seorang ilmuwan data, yang kadang-kadang disebut sebagai ilmuwan data junior.
Persamaan ilmuwan data dengan analis data

Meski keduanya sedikit berbeda, namun ada juga persamaan di antara keduanya, yaitu:

Ilmuwan data dan analis data harus memiliki pengetahuan tentang perangkat lunak MySQL, Cassandra, dan Hadoop.
Ilmuwan data dan analis data harus memiliki keterampilan pemrograman dasar.
Harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik karena kedua profesi ini menyajikan / menerjemahkan kumpulan data yang sangat teknis agar mudah dipahami oleh orang awam.

Nah, di tengah ketatnya persaingan tenaga kerja, karir sebagai data analyst atau data scientist tidak ada ruginya lho. Padahal, profesi ini sangat diminati karena dibutuhkan oleh perusahaan besar. Sayangnya, masih sedikit SDM/talenta yang berkualitas dan tersedia di Indonesia. Nah, jika Anda ingin menekuni bidang ini, pasti akan menguntungkan Anda! Apakah Anda ingin menjadi seorang analis data atau ilmuwan data?

LIHAT JUGA :

https://liga-indonesia.id/nomor-bot-stiker-wa/
https://jurubicara.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://jurubicara.id/vive-le-football-apk/
https://jurubicara.id/mutualan-telegram/
https://jurubicara.id/dls-2021-mod-apk/
https://jurubicara.id/whatsapp-aero/
https://www.chip.co.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://www.chip.co.id/lightroom-mod-apk/
https://www.chip.co.id/codashop-pro-apk/
https://www.chip.co.id/among-us-mod-apk/
https://www.chip.co.id/pubg-mobile-mod-apk/
https://www.chip.co.id/whatsapp-aero/
https://www.chip.co.id/ssstiktok/
https://psyline.id/ff-max-apk/
https://psyline.id/aplikasi-penghasil-saldo-dana/
https://www.i4startup.id/setvsel-apk/
https://t.me/belajarngeblogbareng/45
https://kricom.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://kricom.id/ff-max-apk/
https://jurubicara.id/instander-apk/